BAB 5
SUMBER KONSUMEN DAN PENGETAHUAN
1.
Sumber daya
ekonomi
Sumber
Daya Ekonomi adalah Alat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan
manusia,wujudnya berupa barang atau jasa. Sumber
daya ekonomi dibagi menjadi 4 macam :
-
Sumber
Daya Alam (SDA)
adalah segala sesuatu yang disediakan oleh
alam.
-
Sumber
Daya Manusia (SDM)
adalah segala kegiatan manusia baik fisik maupun rohani yang
ditunjukkan untuk kegiatan produksi.
-
Sumber
Daya Kewirausahaan
adalah Semangat, sikap, dan perilaku
seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan ekonomi sehingga bisa
menghasilkan keutungan.
-
Sumber
Daya Modal
adalah Sumber Daya yang dibuat oleh manusia baik berupa
uang maupun barang dan digunakan untuk membantu kegiatan produksi.
2.
Sumber
daya sementara
Waktu
menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku konsumen. Karena,
konsumen semakin mengalami kemiskinan akan waktu. Namun demikian ada suatu
bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang sangat pribadi yaitu waktu
senggang. Produk yang diklasifikasikan menurut sifat waktu konsumen disebut
barang waktu (time goods).
3.
Sumber
daya kognitif
Sumber daya
kognitif menggambarkan kapasitas mental yang tersedia untuk menjalankan
berbagai kegiatan pengolahan informasi.
4.
Kandungan
pengetahuan
Psikolog kognitif mengemumakan bahwa
ada dua jenis pengetahuan dasar : deklaratif dan prosedural.Pengatahuan
deklaratif (declarative knowledge) melibatkan fakta subjektif yang sudah
diketahui, sementara pengetahuan prosedural (procedural knowledge) mengacu pada
pengertian bagaimana fakta ini dapat digunakan. Fakta ini bersifat subjektif
dalam pengertian bahwa fakta tersebut tidak perlu sesuai dengan realitas
objektif.Pengetahuan deklrataif dibagai
menjadi dua kategori : episodik dan semantik. Pengetahuan episodik (episodic knowledge)
melibatkan pengetahuan yang dibatasi dengan lintasan waktu. Pengetahuan ini
digunakan untuk menjawab pertanyaan, “kapan anda terakhir kali membeli sejumlah
pakaian?” sebaliknya, pengetahuan sematik (semantic knowledge) mengandung
pengetahuan yang digeneralisasikan yang memberikan arti bagi dunia seseorang.
Ini adalah pengetahuan yang akan anda gunakan dalam mendeskripsikan sebuah
barang.
5.
Organisasi
pengetahuan
Organisasi
pengetahuan merupakan sesuatu untuk mengatur atau struktur organisasi untuk mengelompokan sesuatu, organisasi ini di buat
untuk memudahkan penggunaan dokumen atau pengetahuan itu sendiri atau juga bisa
mendeskripsikan dokumen, isi, fitur dan tujuan, serta membuat dokumen-dokumen
dan bagian yang dapat diakses oleh orang-orang dalam mencari pesan yang isinya
meliputi pengetahuan. Organisasi pengetahuan bisa di artikan juga sebagai
tentang kegiatan seperti mendokumenkan, pengindeksan dan klasifikasi yang
dilakukan di perpustakaan, database, arsip dll kegiatan ini dilakukan oleh pustakawan,
arsiparis, spesialis subyek dan sekaligus oleh algoritma computer.
6.
Mengukur
pengetahuan
Pengukuran
pengatahuan objektif (objective knowledge) adalah pengukuran yang menyadap apa
yang benar-benar sudah disimpan oleh konsumen di dalam ingatan. Ukuran
pengetahuan objektif, yang berfokus pada potongan informasi khusus yang mungkin
diketahui konsumen.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar