BAB I
PENDAHULUAN
Pengertian perilaku konsumen :
Perilaku konsumen
adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen
merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
Untuk barang berharga jual
rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual
tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.
Pengertian konsumen :
Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi
kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan
tidak untuk diperdagangkan.
Ciri-ciri
konsumen menurut kotler (2000) :
ü
Loyal terhadap
produk
Konsumen yang pas cenderung loyal
dimana mereka akan membeli ulang dari produsen yang sama.
ü
Adanya komunikasi
dari mulut ke muluet yang bersifat positif
Komunikasi dari mulut ke mulut yang
bersifat positif yaitu rekomendaasi kepada calon konsumen lain dan mengatakan
hal-hal yang baik mengenai produk dan perusahaan.
ü
Perusahaan menjadi
pertimbangan utama ketika membeli merek lain ketika konsumen ingin membeli
produk yang lain, maka perusahaan yang telah memberikan kepuasan kepadanya akan
menjadi pertimbangan yang utama.
Kekuatan utama yang dapat
mempertajam penelitian tentang konsumen adalah
selalu berinovasi dan benrinovasi produk baru tetapi tidak mengurangi kualitas
produk itu sendiri bahkan seharunya lebih di tingkatkan lagi kualitas produk
agar konsumen semakin percaya terhadap apa yang sudah mereka gunakan.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar