Nama Kelompok
: Kristalita puspa kemalasari, Annisaa Nuraini, Rr. Destalia
Kelas : 4EA23
Mata Kuliah : Etika Bisnis
BAB
10
IKLAN DAN DIMENSI ETISNYA
Iklan ialah bentuk
komunikasi tidak langsung yang didasari pada informasi tentang keunggulan suatu
produk sehingga mengubah pikiran konsumen untuk melakukan pembelian.
1. Fungsi
Iklan sebagai pemberi informasi dan pembentuk opini
Iklan sebagai pemberi
informasi tentang produk yang ditawarkan di pasar. Bagi produsen ia tidak hanya sebagai media
informasi yang menjembatani produsen dengan konsumen, tetapi juga bagi konsumen
iklan adalah cara untuk membangun citra atau kepercayaan terhadap dirinya. Iklan sebagai pembentuk pendapat umum tentang
sebuah produk. Iklan sebagai pembentuk
pendapat umum dipakai oleh propagandis sebagai cara untuk mempengaruhi opini
publik. Dalam hal ini, iklan bertujuan untuk menciptakan rasa ingin tahu atau
penasaran untuk memiliki atau membeli produk.
2. Beberapa
persoalan etis periklanan
Dunia
periklanan memang merupakan dunia glamour dalam bisnis modern saat ini,selain
sebagai alat promosi kepada konsumen, iklan merupakan salah satu alat
komunikasi interaktif antara konsumen dan produsen. Iklan-iklan yang ditayangkan secara massal dan intensif
kepada masyarakat pada umumnya tidak mendidik, selain itu periklanan memamerkan
suatu suasana hedonis dan meterialistis yang pada akhirnya menumbuhkan ideologi
konsumerisme.Penayangan suatu iklan
pada ruang publik seharusnya menyandarkan diri pada prinsip utama serta fungsi
utama sebuah iklan.Tentunya kita telah mengetahui bahwa iklan berfungsi sebagai
alat informatif dan persuasif. Iklan yang sesuai dengan etika binis adalah
iklan yang penyampaiannya kepada masyarakat sesuai dengan kebenaran, artinya
apa-apa yang diinformasikan melalui iklan tersebut memang pada kenyataannya
adalah benar.
3. Makna
Etis Menipu dalam Iklan
Selain itu, manipulasi
dalam periklanan juga merupakan hal yang cukup merugikan bagi konsumen.
Manipulasi disini diartikan sebagai tindakan yang dilakukan oleh si pengiklan
terhadap si konsumen untuk membeli produk yang dihasilkan.Fungsi iklan pada
akhirnya membentuk citra sebuah produk dan perusahaan dimatamasyarakat. Citra
ini terbentuk oleh kesesuain antara kenyataan sebuah produk yang
diiklankan dengan informasi yang disampaikan dalam iklan. Prinsip etika bisnis yang
paling relefan dalam hal ini adalah nilai kejujuran. Dengan demikian, iklan yang membuat
pernyataan salah atau tidak benar dengan maksud memperdaya konsumen adalah
sebuah tipuan.
4. Kebebasan
Konsumen
Menurut John F. Kenedy
ada beberapa hak dasar konsumen yaitu :
Þ
Hak akan keselamatan
Þ
Hak untuk mendapatkan
informasi
Þ
Hak untuk memilih
Þ
Hak untuk didengar
5. Hak untuk menikmati lingkungan yang bersih.
Konsumen merupakan
stakeholder yang sangat hakiki dalam bisnis modern. Bisnis tidak mungkin
berjalan, kalau tidak ada konsumen yang menggunakan produk atau jasa yang di
buat dan ditawarkan oleh bisnis. Konsumen harus diperlakukan dengan baik secara
moral, tidak saja merupakan tuntutan etis, melainkan juga syarat mutlak untuk
mencapai keberhasilan dalam bisnis. Etika dalam praktek bisnis sejalan dengan
kesuksesan dalam berbisnis. Perhatian untuk konsumen :
a.
Hak Atas Keamanan
Banyak produk mengandung resiko tertentu
untuk konsumen, khususnya resiko untuk kesehatan dan keselamatan
b.
Hak Atas Informasi
Konsumen berhak mengetahui segala informasi
yang relevan mengenai produk yang dibelinya, baik apa sesungguhnya produk itu
maupun bagaimana cara memakainya, maupun juga resiko yang menyertai
pemakainnya.
c.
Hak Untuk Memilih
Dalam ekonomi pasar bebas di mana kompetisi
merupakan unsur hakiki, konsumen berhak untuk memilih antara pelbagai produk
dan jasa yang di tawarkan.
d.
Hak Untuk Didengarkan
Konsumen adalah orang yang menggunakan produk
atau jasa. Ia berhak bahwa keinginannya tentang produk atau jasa itu
didengarkan dan dipertimbangkan, terutama keluhannya.
e.
Hak Lingkungan Hidup
Konsumen memanfaatkan sumber daya alam,
sehingga tidak mengakibatkan pencemaran lingkungan atau merugikan berkelanjutan
proses-proses alam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar